Kirab Gunungan dalam rangka Merti Dusun Plesan

Admin 08 Oktober 2024 10:31:47 WIB

Tirtomulyo - Sabtu (5/10/2024) Kalurahan Tirtomulyo tepatnya di Padukuhan Plesan menggelar acara Kirab Gunungan sebagai bagian dari rangkaian acara Merti Dusun. Kirab ini melibatkan warga setempat yang berarak membawa gunungan berisi hasil bumi sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas rezeki yang diberikan.

Acara ini bukan hanya sebagai adat istiadat, tetapi juga sebagai pengikat tali silaturahmi antarwarga yang semakin memperkuat kebersamaan dalam masyarakat.

Selain itu acara Merti Dusun disertai dengan acara Genduri Sarang, di mana warga berkumpul untuk menikmati hidangan khas yang disiapkan bersama. Suasana penuh sukacita dan kebersamaan sangat terasa, di mana setiap orang saling berbagi dan menikmati makanan. Keberhasilan pelaksanaan Merti Dusun ini menjadi bukti soliditas komunitas Plesan dalam menjaga tradisi yang telah diwariskan.

Menurut Wahadi dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, acara ini sangat penting dalam melestarikan seni dan budaya lokal. Ia meyakini bahwa Padukuhan Plesan akan terus melestarikan seni budayanya.

Dengan demikian, tradisi ini dapat terus dilestarikan dan menjadi identitas masyarakat Plesan. Semoga dengan adanya Merti Dusun di Padukuhan Plesan ini, budaya dan seni semakin berkembang, serta meningkatkan kemakmuran masyarakat setempat.

Komentar atas Kirab Gunungan dalam rangka Merti Dusun Plesan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License