Upacara Adat Kenduri Panggang dan Ziarah Makam Kyai Karen

Admin 16 Februari 2024 14:27:51 WIB

Tirtomulyo - Senin (5/2/24) warga masyarakat Padukuhan Karen telah menggelar kegiatan istimewa yakni Upacara Adat  Kenduri  Panggang dan Kirab Ziarah Makam Kyai dan Nyai Karen, dalam rangka rangkaian Merti Dusun Karen.

Kegiatan yang kaya akan makna ini, tidak hanya menjadi momen rutinan masyarakat Karen, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkuat dan memelihara warisan budaya dan tradisi. Kenduri Panggang  menjadi pusat perhatian dalam acara ini. Warga dusun berkumpul untuk bersama-sama menyiapkan dan memanggang ayam sebagai hidangan khas yang akan dinikmati bersama.

Selain Kenduri Panggang , Kirab Ziarah Makam Kyai dan Nyai Karen turut menjadi bagian penting dalam Merti Dusun Karen. Kirab dimulai dari dusun hingga mencapai makam Kyai dan Nyai Karen sebagai bentuk penghormatan dan pengenangan terhadap leluhur.

Acara Merti Dusun Karen menunjukkan betapa pentingnya mempertahankan dan merayakan warisan budaya lokal. Kebersamaan warga dalam kegiatan ini menciptakan suasana yang penuh dengan nilai-nilai kearifan lokal, menjadikan Merti Dusun Karen bukan hanya perayaan, tetapi juga cerminan kekayaan budaya masyarakatnya.

Komentar atas Upacara Adat Kenduri Panggang dan Ziarah Makam Kyai Karen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License