Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun Karen

Admin 16 Februari 2024 14:19:40 WIB

Tirtomulyo - Senin (5/2/24) Padukuhan Karen, sebuah padukuhan terletak di Kalurahan Tirtomulyo yang kental dengan nuansa budaya dan tradisi, menggelar pagelaran wayang kulit sebagai bagian dari rangkaian acara Merti Dusun.

Hadir Sekretaris Dinas Kebudayaan  (Kundha Kabuayan) Bantul Slamet Pamuji, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada padukuhan Karen yang konsisten melaksanakan merti dusun setiap tahunya. Hal ini merupakan salah satu wujud rasa syukur warga karen atas rahmat yang dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Harapanya warga padukuhan Karen dapat memaknai merti dusun dengan lebih baik dari yang kemarin, warganya semakin ayom ayem tentrem, dan generasi penerusnya semakin meningkat kualitasnya, tambah Slamet.

Pagelaran wayang kulit yang berlangsung ini telah memukau para penonton dengan kombinasi antara seni dan mengambil lakon "Pandito Durno Gugur" disuguhkan oleh Dalang profesional. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana hiburan semata, tetapi juga dianggap sebagai bentuk pelestarian dan penghargaan terhadap seni tradisional.

Penonton dari berbagai usia terlihat begitu menikmati pertunjukan wayang kulit yang berlangsung hingga larut malam. Tawa, decak kagum, dan sorak-sorai mengiringi setiap adegan yang dimainkan oleh dalang. Wayang kulit ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga media penyampaian nilai-nilai moral dan kisah-kisah epik yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Komentar atas Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun Karen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License