Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun Plesan

Admin 28 Agustus 2023 14:17:12 WIB

Warga Padukuhan Plesan, Tirtomulyo, Kretek menggelar serangkaian kegiatan merti dusun, salah satunya pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, pada hari Jumat, (25/08/2023).

Menurut Dukuh Plesan Ambyah mengungkapkan, pelaksanaan rangkaian merti dusun diawali dengan kirab gunungan   dikuti oleh warga padukuhan plesan pada sore hari Jumat 23/08/2023, kemudian malam harinya dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Geter Pamuji dengan lakon Wahyu Katentreman.

Lebih lanjut Ambyah juga menjelaskan, pelaksanaan merti dusun merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT, atas limpahan ketentreman, keamanan dan kesehatan, warga masyarakat juga memohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberi kelancaran dalam memberikan aktifitasnya dan tetap senantiasa guyup rukun dalam bermasyarakat.

Tampak hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD DIY Tustiyani, Panewu Kretek diwakili oleh Ismoyo, Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas, dan Jajaran Pamong Tirtomulyo.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas saat memberikan sambutan, memyampaiakan apresiasi kepada seluruh warga Padukuhan Plesan atas kekompakan dan semangat yang luar biasa, sehingga dapat menggelar pertunjukan Wayang Kulit dalam rangka merti dusun.

“ Atas nama Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo, mengapresiasi atas terselenggaranya pagelaran wayang kulit di Padukuhan Plesan, kami berharap dengan adanya kegiatan merti dusun seperti ini, jiwa kebudayaan, jiwa gotong royong, dan jiwa kerukunan tetap lestari di padukuhan plesan ini” kata Ridwan Anas saat memberikan sambutanya.

 

Komentar atas Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun Plesan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License