Inovasi Pembayaran Digital QIRS Untuk Memajukan UMKM

Admin 26 Mei 2023 21:51:41 WIB

Diskusi Publik  dengan mengambil tema “Desa Sebagai Penggerak Digitalisasi Sistem Pembayaran Terhadap Inovasi UMKM“ dilaksanakan pada hari Jumat (16/05/2023) di Aula Kalurahan Tirtomulyo.

Ketua Komisi XI DPR RI Drs. H. Kahar Muzakir yang diwakili RM. Wibisono bersama Bank Indonesia sekaligus Yayasan “Pilar Langit Intara” sebagai penyelenggara diskusi publik diharapkan dapat memajukan keberadaan UMKM di Kalurahan.

Digitalisasi sistem pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

RM.Wibisono mengungkapkan, akan mendampingi para pelaku UMKM di Kalurahan sekaligus akan diberikan aplikasi tunggal secara gratis agar kedepanya produk UMKM dapat meningkat.

Dalam kesempatan yang sama, Shaffia Rahma perwakilan dari Bank Indonesia menambahan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standar pembayaran digital yang dapat mempermudah transaksi, selain itu juga dapat mengurangi biaya pengeluaran kas untuk para pelaku UMKM.

Lebih lanjut Ahmad Yuson Iriadi juga menambahkan, dalam transaksi pembayaran apapun harus menggunakan mata uang rupiah, hal ini sebagai bentuk cinta dan bangga rupiah. Perlu kami sampaikan mata uang rupiah yang dicetak oleh Bank Indonesia  memiliki ciri-ciri terdapat benang pengaman yang ditanam, terdapat colour shifting, dan terdapat gambar pahlawan.

Agar mata uang rupiah tidak cepat rusak, masyarakat diharapkan senantiasa menjaga dan merawat rupiah dengan baik melalui metode 5 Jangan: Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi, “tambahnya”.

Komentar atas Inovasi Pembayaran Digital QIRS Untuk Memajukan UMKM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License