Upaya Melestarikan Adat, Warga Padukuhan Karen Gelar Merti Dusun

Admin 21 Februari 2023 09:32:27 WIB

Warga  Padukuhan Karen Kalurahan Tirtomulyo Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul, menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka merti dusun, pada hari Senin (20/02/2023) di rumah Dukuh Karen Kestriyanto.

Merti Dusun Karen merupakan bentuk rasa syukur, bentuk semangat gotong royong  warga dan  digelar rutin setiap tahunya, lebih tepatnya saat musim “kewolu” dalam penamaan jawa.

Sejumlah kegiatan digelar saat peringatan merti dusun diantaranya pengajian, kenduri ayam panggang, ziarah makam sesepuh dan puncaknya digelar wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Geter Pamuji Widodo, kata Kestriyanto selaku Dukuh Karen.

Lebih lanjut saat acara pagelaran wayang kulit, turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Pambudi Mulya, dan Panewu Kretek Cahya Widada.

Nugroho Eko Setyanto dalam sambutanya  mengapresiasi keberadaan acara merti dusun di Padukuhan Karen Kalurahan Tirtomulyo.

Keberadaan merti dusun dengan pagelaran wayang kulit oleh Ki Geter Pamuji Widodo juga menjadi salah satu hiburan warga sekitar, hal ini dapat kita lihat dengan ramainya penonton, tambah Nugroho.

Dalam kesempatan yang sama saat  pagelaran wayang kulit, Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas menyampaikan turut bangga dengan  warga padukuhan Karen yang tetap melestarikan adat merti dusun, kami berharap acara seperti ini tetap dipertahankan. Hal ini juga salah satu potensi pendukung visi misi Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo dalam  mewujudkan kawasan Kebudayaan, tambah Ridwan.

Komentar atas Upaya Melestarikan Adat, Warga Padukuhan Karen Gelar Merti Dusun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License