Padukukan Bracan Juara 1 Lomba Festival Gurami Tirtomulyo

Admin 27 Desember 2022 09:01:45 WIB

Tim lomba memasak olahan gurami padukuhan Bracan berhasil meraih juara 1 dalam  acara Festival Gurami Tirtomulyo 1 yang digelar Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo Kretek bersama UGM Yogyakarta, pada hari Selasa (20/12/2022) di Komplek Kantor Kalurahan Tirtomulyo.

Sebelumnya Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas mengatakan, acara festival  ini merupakan langkah awal Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo untuk mewujudkan Tirtomulyo menjadi sentra pengolahan Gurami.

Awalnya pengelelolaan gurami dilaksanakan dipadukuhan Kergan yang dikoordinatori oleh Bapak Sunarto. Disana terdapat banyak kolam  gunakan untuk pembudidayaan gurami, baik dari pembibitan hingga pembesaran gurami yang siap untuk bahan konsumsi. Kedepan nantinya saya berharap banyak kelompok atau padukukan untuk melakukan pembudidayaan gurami dan Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo siap mendukung.

Tidak hanya dalam pembudidayaan saja, kami juga berupaya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarat dengan menggelar Festival Gurami Tirtomulyo seperti ini,  agar masyarat memiliki wawasan mengolah masakan gurami yang enak dan berkelas, tentunya kami juga bekerja sama dengan UGM Yogyakarta, tambah Ridwan.

Sementara itu Dukuh Bracan Yuni Astutiningsih mengungkapkan, Padukuhan Bracan berhasil meraih juara 1 setelah  menyajikan olahan masakan gurami “Garang Asam”. Kebetulan Tim Memasak padukuhan Bracan diwakili oleh anggota Kader kesehatan padukuhan, tambahnya.

Juri yang terdiri dari Dosen Fakultas Pertanian UGM, Lembanga Pengabdian Masyarakat UGM dan Ketua TP PKK Kalurahan Tirtomulyo sepakat memutuskan Tim Memasak Padukuhan Bracan sebagai juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 750.000,- rupiah, juara 2 diraih oleh padukuhan Karen mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 600.000,- rupiah, juara 3 diraih padukuhan Jetis mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 600.000,- rupiah, kemudian harapan 1  diraih Padukuhan Genting dan harapan 2 diraih oleh padukuhan Tluren.

 

Komentar atas Padukukan Bracan Juara 1 Lomba Festival Gurami Tirtomulyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License