Gelar Festival Gurami Bersama UGM, Diharapkan dapat mengangkat Potensi Lokal Tirtomulyo

Admin 21 Desember 2022 10:37:37 WIB

Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo Bersama dengan UGM Yogyakarta menggelar Festival Gurami Tirtomulyo, Selasa (20/12/2022) di Komplek Kalurahan Tirtomulyo.

Festival Gurami meupakan salah satu upaya untuk mengangkat potensi lokal di Kalurahan Tirtomulyo. Rencana kedepanya Kalurahan Tirtomulyo akan dijadikan sentra gurami, baik dari pembudidayaan hingga olahan makanan dari gurami.

Acara Festival Gurami juga menampilkan produk Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Tirtomulyo, lomba mewarnai anak TK, dan Pentas Kesenian Gedrug.

Saat acara pembukaan Festival Gurami juga mengundang jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, PKK Kabuapten Bantul, Dekan Fakultas Pertanian UGM, dan Direktorat Pengabdian Masyarakat UGM, merupakan langkah promosi awal adanya potensi pengelolaan gurami di Kalurahan Tirtomulyo.

Sementara itu, Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas mengungkapkan, keberadaan potensi pengelolaan budidaya air tawar Gurami yang saat ini berada di padukuhan Kergan, kedepanya dapat dikembangkan di padukuhan lain. Harapnya para pelaku budidaya gurami dapat bertambah, dan tidak menutup kemungkinan seiring bertambahnya produksi gurami harus kita imbangi dengan  meningkatkan ketrampilan olalahan masakan gurami seperti yang kita selenggarakan saat ini.

Dalam kesempatan yang sama, Widodo Usman, perwakilan Direktur Pengabdian Masyarakat UGM Yogyakarta juga mengapresiasi Pemerintah Kalurahan Tirtomulyo terhadap potensi pengelolaan Gurami di wilahnya.

Kegiatan ini merupakan respon aspirasi dari  masyarakat yang memiliki semangat mengelola budidaya gurami. Kedepanya kami siap mendung bersama dengan Kalurahan Tirtomulyo sehingga cita- cita menjadikan sentra Gurami dan sentra kuliner gurami di Tirtomulyo benar-benar dapat terwujud, “tambah Widodo”.

Lebih Lanjut Kabid Pemasaran Pengolahan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Jendro Darmoko saat membuka acara Festival Gurami, juga mendukung penuh upaya Kalurahan Tirtomulyo dijadikan sentra pengelolaan ikan gurami. Kami hanya sedikit berpesan dalam melakukan budidaya gurami agar memperhatikan kualitas bibit, meminimalisir penyakit dengan memperhatikan ketersediaan air, shingga yang namanya gagal dapat dihindari.

 

Komentar atas Gelar Festival Gurami Bersama UGM, Diharapkan dapat mengangkat Potensi Lokal Tirtomulyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License