Dinas Sosial DIY Gelar Restorasi Sosial

Admin 07 September 2022 14:57:14 WIB

Upaya mempertahankan nilai -nilai budaya jawa Dinas Sosial DIY menggelar acara Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa untuk mewujudkan Kesejahteraan Sosial dengan melibatkan Karang Taruna pada hari Rabu (07/09/2022) di Aula Kalurahan Tirtomulyo.

Dalam acara tersebut dihadiri Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih, Anggota DPRD DIY Suwardi, Jajaran Forkompimkap Kretek, Lurah Tirtomulyo Sujadi dan Karang Taruna Tirtomulyo.

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih mengungkapkan, tujuan digelar acara restorasi sosial  untuk mengembalikan nilai-nilai luhur jawa yang sudah memulai memudar seperti etika, toleransi dan gotong royong. Melihat kondisi saat ini yang serba digital kita didorong  terutama para pemuda pemudi untuk tetap mempertahankan nilai budaya sosial tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Anggota DPRD DIY Suwardi menambahkan, melihat dari sejarah dan perjuangan luar biasa para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan yang kita rasakan sampai saat ini. Maka dari itu tugas kita hari ini hanya tinggal mengisi kemerdekaan dengan melakukan interaksi sosial yang baik, ikut gotong royong di tengah tengah masyarakat, menjaga kerukunan, dan bersikap sopan kepada yang lebih tua.

 Semnetara itu GKR Hayu yang menjabat Ketua Karang Taruna DIY sekaligus Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Yogyakarta mengatakan sebenarnaya budaya jawa tidak hanya tari-tarian, budaya jawa dapat kita interprestasikan sebagai perilaku diri, maksudnya dalam segala gerak tarian itu ada maknanya. Sebagi contoh lain yang paling sederhana, kita tidak membuang sampah sembarangan, memiliki rasa kemanusiaan dan tidak membeda- bedakan keyakinan dalam berinteraksi sosial di tengah tengah masyarakat merupakan nilai -nilai budaya yang harus dipertahankan.

 

Komentar atas Dinas Sosial DIY Gelar Restorasi Sosial

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License