Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan untuk Mewujudkan Keluarga yang Harmonis dan Ideal

Admin 14 Juli 2022 09:21:28 WIB

Pentingnya perencanaan dalam membangun rumah tangga, untuk mewujudkan keluarga yang ideal, harmonis perlu dilakukan sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

Anggota Komisi B DPRD DIY Suwardi menggandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY untuk menggelar sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) pada hari Rabu (13/07/2022) di Aula Kalurahan Tirtomulyo.

Peserta yang hadir sebanyak 30 orang dari unsur Lembaga Kalurahan, Kader, dan  Tokoh Masyarakat Padukuhan diharapkan menambah wawasan pentingnya Pendewasaan Usia Perkawinan.

Lurah Tirtomulyo Sujadi dalam mengawali sambutannya mengapresiasi kepada Anggota DPRD DIY dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY bahwa acara sosialisasi nantinya dapat memberi pemahaman dalam membangun keluarga kepada warga padukuhan.

Selain itu perlu kami sampaiakan juga,  di wilayah Tirtomulyo juga masih terdapat balita stunting, hal ini disebabkan salah satunya kurangnya perencanaan yang baik  dalam membangun keluarga.

Alasan kami melakukan sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) pada hari ini karena saya mendengar sendiri bahwa masih terdapat balita stanting di Kabupaten Bantul, dan harapanya kedepan angka stanting dapat diturunkan, kata Anggota DPRD DIY Suwardi.

Lebih lanjut Budi Sartono salah satu narasumber juga menyampaikan, banyak permasalahan dalam keluarga penyebab utamanya dalah dari pernikahan dini atau usia pernikahan yang belum matang.

Dari data kami yang bersumber dari Kementrian Agama, angka perceraian di DIY mencapai 5000 an per tahun dan penyebab paling banyak dari aspek  kurang siapnya dalam membangun rumah tangga.

Di samping itu, dampak dari pernikahan dini adalah bahaya kanker serviks yang disebabkan dari hubungan suami istri di bawah umur secara rutin, tambah Budi Sartono.

Komentar atas Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan untuk Mewujudkan Keluarga yang Harmonis dan Ideal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License