Sosialisasi Program " Wow Mantul"

Admin 07 Februari 2022 14:21:43 WIB

Upaya mencegah wabah DBD (Demam Berdarah), Pemerintah Kapanewon Kretek Bersama Puskesemas Kretek menyelenggarakan sosialisasi awal Program “Wow Mantul” (Wolbachia Wis Masuk Bantul) pada hari Senin (07/02) di Aula Kalurahan Tirtomulyo.

Program “Wow Mantul” (Wolbachia Wis Masuk Bantul) merupakan teknologi yang dipilih oleh  Pemerintah Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Uiversitas Gajah Mada (UGM).

Lurah Tirtomulyo Sujadi  dalam sambutannya menyampaikan,  bahwa Pemerintah Kalurahan  Tirtomulyo mendukung penuh  program “Wow Mantul” (Wolbachia Wis Masuk Bantul) yang nantinya akan diterapkan di wilayah Kalurahan Tirtomulyo.

Kami juga berharap program “Wow Mantul” (Wolbachia Wis Masuk Bantul) dapat menekan penyebaran wabah Demam Berdarah dengan istilahnya kita memelihara nyamuk wolbacia.

Lebih lanjut Gita selaku petugas Puskesmas Kapanewon Kretek juga menyampaikan bahwa Kasus Demam Bedarah di Kapanewon Kretek pada tahun 2021 terdapat 15 kasus. Upaya untuk mencegah wabah tersebut dengan mengimplementasikan teknologi wolbachia caranya  dengan menitipkan ember di masing-masing padukuhan  yang berisi telur nyamuk aedes aegypti ber-wolbachia atau istilahnya nyamuk yang tidak berbahaya.

Ketika teknologi wolbachia ini mampu menekan replikasi virus dengue di dalam tubuh nyamuk sehingga diharapkan dapat menurunkan penularan demam berdarah DBD dari satu orang ke orang lain “kata Gita”.

 

Komentar atas Sosialisasi Program " Wow Mantul"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License