Pelatihan Penanggulangan Bencana oleh Satpol PP DIY

Administrator 28 Februari 2020 13:57:15 WIB

Upaya penanggulangan bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di wilayah Selatan wilayah Kretek, Satpol PP DIY mengundang Satlinmas, FPRB, TNI, POLRI  dan Relawan lintas Kecamatan Kretek untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan yang diselenggarakan di Aula Desa Tirtomulyo pada hari Senin (24/02).

Pelatihan dan Pembinaan diselenggarakan dalam rangka untuk membekali para Satlinmas, FPRB dan Relawan di tingkat Kecamatan Kretek dalam menjalankan peran, tugas dan fungsinya di tengah – tengah masyarakat.

Kepala Satpol PP DIY Noviarahmad menjelaskan bahwa menurut  Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 fungsi Satlinmas selain membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat adalah  membantu dalam penanggulangan bencana. Hal tersebut tentu harus didkukung dengan kemampuan  dan pengalaman seorang satlinmas dalam menangani sebuah bencana, dan salah satunya dengan dilaksanakan pelatihan pada kesempatan ini.

Lebih lanjut anggota DPRD DIY Eko Suwnato yang diundang sebagai narasumber juga menyampaikan, Satlinmas diharapkan dapat bersinergi dengan BPBD atau relawan terkait dalam menangani suatu bencana. Tugas Satlinmas paling mudah adalah memberikan pemahaman secara sederhana kepada warga masyarakat apabila terjadi suatu bencana, sehingga masyarakat luas benar-benar tahu tindakan pertama kali yang harus dijalankan. Kemudian untuk mengoptimalkan peran serta Satlinmas dalam penanganan bencana, tentu peran serta dari Pemerintah Desa juga sangat diharapkan, baik dari pembinaan, dan pembuatan Perdes untuk menguatkan Satlinmas. Selain itu, sebagi bentuk dukungan rill di tingkat Desa mestinya juga menyediakan ruangan khusus untuk Linmas, Relawan dan FPRB.

Komentar atas Pelatihan Penanggulangan Bencana oleh Satpol PP DIY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami