Peningkatan Kapasitas BPD Tirtomulyo.

Administrator 12 Desember 2019 09:23:19 WIB

Jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tirtomulyo, Kecamatan Kretek menyelenggarakan acara peningkatan kapasitas di Aula Desa Tirtomulyo pada Selasa (10/12).

Acara Peningkatan Kapasitas diikuti oleh jajaran anggota BPD, Pamong Desa, dan  Lembaga Desa Tirtomulyo dengan mengundang narasumber dari  Pendamping Desa Kabupaten Slamet Nursanto dan LPPM UGM Widodo Usman .

Ketua BPD Desa Tirtomulyo menjelaskan, tujuan diselengkarakan peningkatan kapasitas BPD dalam rangka meningkatkan peran serta BPD dalam menjalankan pemerintahan bersama Pemerintah Desa Tirtomulyo agar terwujudnya pemerintahan yang bersih dan terhindar dari praktek korupsi. Di samping itu, yang tidak kalah pentingnya menguatkan peran BPD dibidang pemberdayaan masyarakat sehingga terwujudnya masyarakat Desa Tirtomulyo yang sejahtera.

Lurah Desa Tirtomulyo Sujadi juga membenarkan, dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih bebas korupsi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentu Pemerintah Desa Tirtomulyo tidak bisa berjalan sendiri, Pemerintah Desa harus bersinergi dengan BPD maupun Lembaga Desa untuk mewujudkan hal itu.

Tiga poin pokok yang harus digaris bawahi disampaikan oleh Slamet Nursanto untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yaitu BPD harus mampu menjalankan fungsinya dengan baik, BPD mempunyai fungsi mengawasi kinerja Lurah Desa namun tidak serta- merta mencari keslahan Lurah Desa, Kemudian BPD adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pemerintahan, dan yang tidak kalah penting BPD bersama- sama Pemerintah Desa mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Lebih lanjut Widodo Usman juga menegaskan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa bersama BPD dan Lembaga harus mengambil langkah terobosan. Sebagaimana langkah strategis yang dapat diambil menurut saya adalah mengoptimalkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes yang dimiliki Desa Tirtomulyo mestinya mampu membangun jaringan baik sesama BUMDes ataupun unit usaha yang ada dan sama- sama memperoleh keuntungan. Di samping itu BUMDes mestinya harus inklusif terhadap kearifan lokal (local wisdom) yang ada di Tirtomulyo.

Sebagai poin utama Pemerintah Desa dalam mewujudkan kesejahteraan, mesitinya menjalankan pembangunan yang arahnya kepada ekonomi produktif.

 

Komentar atas Peningkatan Kapasitas BPD Tirtomulyo.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami