Admin SID Tirtomulyo Ikuti Bimtek Jurnalistik dan Fotografi

Admin 22 Maret 2019 13:30:58 WIB

Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bimtek Jurnalistik dan Fotografi, Kamis (21/03) di West Lake  Resort Jl Ring Road Barat Sleman Yogyakarta.

Sebanyak 100 lebih peserta yang terdiri dari admin tingkat OPD, Kecamatan dan Desa dengan antusias mengikuti bimbingan teknis hingga selesainya acara.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Ir. Fenty Yusdayati, MT dalam mengawali sambutan pembukaan sekaligus membacakan sambutan Bupati Bantul menyampaikan upaya Pemetintah Kabupaten yang terus berupaya meningkatkan peran jurnalistik dalam menyampaikan pesan positif dan membangun kepercayaan kepada masyarakat baik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

Peran jurnalistik tidak hanya menyajikan data dan fakta, namun informasi yang disebar luaskan harus memberi rasa atau memberi kepercayaan terhadap publik. Para jurnalistik kedepanya harus mampu menyusun narasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat luas.

Dalam Kesempatan yang sama narasumber dari Balai Bahasa Yogyakarta juga menyampaikan, bahasa merupakan alat komunikasi yang luar biasa, bahasa yang digunakan setiap Negara berbeda- beda. Sebagai salah satu contoh bahasa Indonesia yang ditetapkan melalui konggres Sumpah Pemuda tahun 1928 silam. Disamping itu, bahasa Indonesia sebagai bahasa daerah dan hak setiap warga Negara menggunakan bahasa Indonesia yang telah  diatur dalam Undang- Undang Dasar 1945 pasal 36.

Lebih lanjut, narasumber dari salah satu wartawan senior Tri Suparyanto juga menambahkan para jurnalistik juga dalam menyajikan berita juga harus memperhatikan Kode Etik, UU ITE dan keaktualan berita agar dikemudian hari tidak terjadi hal yang merugikan. Disamping itu para admin  jurnalisik juga harus mampu mengolah berita yang akan disajiakan ke publik menjadi berita yang seiring dan selaras dengan visi misi masing- masing instansi.

Kemudian bimbingan teknis dalam sesi terahir para admin dibekali materi cara pengambilan foto oleh Wahyu Pamungkas S. Sn Dosen Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta, agar berita yang disajikan lebih lengkap dan menarik.

Komentar atas Admin SID Tirtomulyo Ikuti Bimtek Jurnalistik dan Fotografi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License