Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Dusun Jebugan

Admin 28 Juli 2018 16:21:24 WIB

 Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga (PSRT) pada Jum’at (28/7) di dusun Jebugan Desa Tirtomulyo. Sosialisasi dan Pelatihan PSRT merupakan salah satu program unggulan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 66 UPN “Veteran” Yogyakarta di dusun Jebugan. Sosialisasi dan Pelatihan ini menghadirkan aktivis lingkungan khususnya pengolaha sampah, Bapak Junaedi, sebagai pengarah dan pemateri utama. Kegiatan ini menargetkan Ibu-ibu dan para pemuda sebagai targetnya. Tidak lupa, sosialisasi dan pelatihan ini juga turut dihadiri Bapak Dukuh Jebugan, Sutaryono, selaku tuan rumah dilaksanakannya acara ini.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Irvan Saputra, kegiatan ini menjadi program kerja unggalan KKN 66 Jebugan dikarenekan berdasarkan hasil observasi dan wawancara warga setempat, penggunaan pupuk kimia berlebihan telah meyebabkan terjadinya degadrasi fungsi tanah. Disisi lain, mahasiswa KKN 66 Jebugan melihat potensi pengolah sampah yang telah diinisiasi oleh pemuda setempat sejak lama, namun belum diolah lebih lanjut. Tercetuslah ide untuk mengganti pemanfaatan sampah plastik sebagai pengganti media tanama umum, tanah, dan sampah organik sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik (PCO).

Lebih lanjut, Bapak Junaedi, selaku pengarah dan pemateri utama mengungkapkan kekaguman dan kebahagiannya terhadap niat baik warga dusun dan mahasiswa KKN 66 Jebugan ini. Ia mengungkapkan, Ibu-ibu merupakan sasaran kegiatan yang tepat karena pada dasarnya merekalah sebagai manajer sampah rumah tangga. Ia juga kagum terhadap antusias warga dusun untuk berpartisipasi. Menurutnya, sangatlah jarang warga dusun dengan tanah pekarangan yang masih luas sangatlah jarang tertarik terhadap kegiatan seperti ini.

Bapak Dukuh pun turut mengucapkan rasa terimakasi kepada Bapak Junaedi dan Mahasiswa KKN 66 Jebugan yang telah berbagi informasi dengan warga dusun. Ia mengungkapkan, kedepannya agar apa yang telah disampaikan dapat dilaksanakan dan bermanfaat bagi warga dusun setempat.

Komentar atas Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Dusun Jebugan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License