Mentri Desa sambangi Kegiatan Replikasi Inovasi Desa Tingkat Kecamatan Kretek

admindesa 30 Oktober 2019 09:49:48 WIB

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Tahun 2019 Kecamatan Kretek melakukan kegiatan Replikasi Inovasi di Puri Mataram di Dusun Drono, Tridadi, Sleman pada Selasa (29/10).

Kegiatan Replikasi Inovasi Desa yang diprakarsai oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kretek  merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Alasan TPID Kecamatan Kretek melaksanakan Replikasi Inovasi di Puri Mataram dusun Drono Tridadi karena Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tridadi di Kabupaten Sleman  tersebut telah mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan membangun Puri Mataram  di atas tanah desa.

Camat Kretek Cahya Widada yang ikut serta dalam kegiatan tersebut menyampaikan pesan kepada jajaran TPID Kecamatan Kretek setelah menimba ilmu di Desa Tridadi nantinya, seluruh desa di Kecamatan Kretek dapat meningkatkan pendapatanya baik melalui pengelolaan BUMDes atau dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki masing-masing desa. Sejauh ini desa di Kecamatan Kretek juga telah memiliki BUMDes, namun dalam sisi pengelolaan dan pendapatannya belum optimal.

Dalam paparan singkat Lurah Desa Tridadi H. Kabul Mudji Basuki menyampaikan, unit usaha  wahana wisata Puri Mataram yang dikelola oleh BUMDes pada tahun 2019 telah mampu memberikan laba keuntungan kepada Pemerintah Desa Tridadi sebesar 300 juta. BUMDes tersebut baru berdiri sejak tahun 2017 dengan modal awal yang dikeluarkan desa sebesar 60 an juta. Kemudian dengan dukungan berbagai pihak, baik dari akademisi, tokoh masyarakat, investor dan  sumberdaya manusia sehingga Pemerintah Desa Tridadi dengan terobosan inovatifnya mampu mendirikan unit usaha  wahana wisata Puri Mataram yang di kelola oleh BUMDes Desa Drono.

Kemudian dipenghujung paparanya, Lurah Desa juga mengajak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar  didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo untuk menyapa rombongan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kretek yang secara kebetulan sedang melakukan kunjugan di Wahana Wisata Puri Mataram.

Komentar atas Mentri Desa sambangi Kegiatan Replikasi Inovasi Desa Tingkat Kecamatan Kretek

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Live Chat

Mbangun Desa

Kampung Wisata Gurami

Lokasi Tirtomulyo

tampilkan dalam peta lebih besar